| More

Menuju Jurnalisme Beretika

Pemikiran mengenai jurnalisme memang harus selalu di-update, karena (selalu) terkesan taken for granted atas sikap dan tindakan jurnalisnya. Namun, pada Abad Bahasa dewasa ini, yang menuntut jurnalisme beretika, kaum jurnalis mendapatkan tantangan untuk membuktikan kinerjanya sebagai watch-dog dengan pertanyaan sederhana:
"Apakah cara mereka mengawasi sudah benar?"

Jumat, 22 April 2011

PROGRAM PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK UMUM

Penyelenggara: Jakarta for Wittgenstein Studies, FBS Unas, Jakarta.

Filosofi Pelatihan
Budaya tulis-menulis khususnya di kalangan akademisi dewasa ini makin dianggap penting dan perlu, mengingat di tengah dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara belakangan ini masyarakat mestilah “diguyur” terus-menerus oleh pemikiran-pemikiran segar dari kampus.

Mengingat pemikiran segar tersebut tekonteks dengan dunia akademik, maka bentuk ARTIKEL ILMIAH adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, masih banyak di antara akademisi kita yang belum bisa membedakan antara bentuk artikel ilmiah dan artikel opini; atau membedakan bentuk artikel ilmiah dengan proposal penelitian, makalah, skripsi, atau tesis.

Dalam kaitan itulah kami menawarkan program pelatihan penulisan ARTIKEL ILMIAH, yakni bentuk suatu tulisan yang disajikan khusus untuk jurnal perguruan tinggi.


Informasi Penting
Pelatihan digelar setiap hari Senin s.d. Rabu (tiga hari) mulai pukul 17.00 WIB s.d. 21.00 WIB. Tempat pelatihan: Kampus Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional, Jakarta (atau di tempat lain sesuai dengan pembicaraan).

Materi pelatihan antara lain Kiat Menembus Jurnal Terakreditasi, Bahasa Artikel Ilmiah, Teknik Menyusun Ilustrasi untuk Jurnal, Metode dalam Artikel Ilmiah, dan Cara Mengutip untuk Menghindari Plagiarisme.

Instruktur pelatihan terdiri atas individu yang berpengalaman dalam bidangnya dan masih aktif baik sebagai jurnalis, dosen, praktisi komunikasi, maupun sebagai tim inti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Dosen se-Indonesia (DP2M Ditjen Dikti).

Biaya pelatihan per peserta Rp 2 juta (per angkatan minimal 15 orang). Silakan klik di sini Formulir Pendaftaran untuk mengikuti pelatihan.

Pendaftaran untuk peserta angkatan ke-4 dibuka mulai tanggal 21 April 2011.

Keterangan lebih lanjut hubungi Riko (0856.9383.9323).

Tidak ada komentar: